PEMBINAAN
OLIMPIADE MATEMATIKA SD/MI
PERSIAPAN
OSN dan IMSO 2013
1.
Berilah
contoh 3 bilangan asli yang mempunyai tepat 3 faktor berbeda.
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
2.
Pak
Adi memberikan kupon berhadiah televisi berwarna 29 inchi kepada para pembeli
di tokonya. Di balik setiap kupon dituliskan satu bilangan asli dari 1 sampai
dengan 1000. Untuk setiap pembelian di atas Rp 50,000,00, pembeli mendapatkan 1
kupon. Hadiah televisi tersebut diberikan kepada pembeli yang mempunyai 3 kupon
yang memuat 3 bilangan asli berurutan dan jumlahnya tidak habis dibagi 3.
Berapa banyaknya televisi yang harus disiapkan Pak Adi?
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
3.
Adi,
seorang penjual minyak tanah, hanya mempunyai takaran 4 literan dan 5 literan.
Tetangganya ingin membeli minyak tanah 3 liter. Bagaimana cara Adi menakar
minyak tanah 3 liter dengan akurat?
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
4.
Diketahui
pola berikut
Tentukan nilai .
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
5.
Find
a number greater than 0,2 but less than .
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
6.
Selidikilah
apakah pernyataan “Jumlah tiga bilangan asli berurutan selalu habis dibagi 2”
benar! Jika salah berilah contoh penyangkal.
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
7.
Bilangan
10 dapat dinyatakan sebagai penjumlahan dari empat bilangan ganjil dengan tiga
cara, yaitu , dan .
a.
Gunakan
pola di atas untuk menyatakan bilangan 12 sebagai penjumlahan dari empat bilangan
ganjil. Berapa banyaknya cara yang diperoleh?
b.
Berapa
banyaknya cara bilangan 20 dinyatakan sebagai penjumlahan delapan bilangan
ganjil?
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
8.
Jarak
rumah Amir ke sekolah adalah 4 km. Jarak rumah Mira ke sekolah adalah 3 km.
Tentukan jarak rumah Amir ke rumah Mira.
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
9.
Perhatikan
pola nilai pada fungsi , dengan n bilangan prima, berikut:
, bilangan prima
, bilangan prima
, bilangan prima
Selidiki apakah selalu menghasilkan
bilangan prima, untuk n prima.
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD,
Surabaya, 26 Juli 2005)
10.
Ani
membuka sebuah buku. Ternyata kedua nomor halaman yang tampak bila dijumlahkan
hasilnya 333. Kedua halaman buku yang dimaksud adalah.....
(Olimpiade Sains
Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September
2003)
11.
Seekor
kambing diikat di lapangan berumput dengan tali yang panjangnya 7 meter pada
sebuah tiang. Tentukan luas daerah yang dapat dijadikan kambing tempat memakan
rumput.
(Olimpiade Sains Nasional
II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September 2003)
12.
Jumlah
dari dua bilangan bulat adalah 19, sedangkan selisihnya 5. Carilah hasil kali
dari kedua bilangan tersebut!
(Olimpiade Sains
Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September
2003)
13.
Jumlah dua bilangan prima
adalah 12345. Tentukan hasil kali kedua bilangan tersebut.
(Olimpiade Sains
Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September
2003)
14.
Pak John senang membuat
teka-teki. “Jika kamu bagi umurku dengan 2, maka akan dipeoleh sisa 1”,
katanya. “Kemudian, jika kamu bagi umurku dengan 3, 4 atau 5 juga akan
diperoleh sisa 1”. Berapakah umur Pak John?
(Olimpiade Sains
Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September
2003)
15.
Ada enam pemain yang biasa
bermain ganda di sebuah perkumpulan bulutangkis, yaitu Ahmad, Tatang, Didi,
Wono, Robert dan Sisworo. Ada berapa pasangan berbeda yang bisa dibentuk dari
keenam pemain tersebut?
(Olimpiade Sains
Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September
2003)
16.
Berapa banyakkah bilangan
prima 2-angka yang jumlah kedua angkanya juga bilangan prima?
(Olimpiade Sains
Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September
2003)
17.
Kita mempunyai sekumpulan
segitiga samasisi dengan panjang sisi 1 satuan.
a.
Susunlah beberapa segitiga
samasisi sehingga membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 1 satuan.
Berapa segitiga yang diperlukan?
b.
Berapa segitiga samasisi yang
diperlukan untuk membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 2 satuan?
c.
Berapa pula untuk segi-6
beraturan yang panjang sisinya 3 satuan?
d.
Menurutmu berapa segitiga
samasisi yang diperlukan untuk membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 10
satuan?
(Olimpiade Sains
Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari II – Balikpapan, 17 September
2003)
18.
Meja-meja belajar di kelasku
disusun dalam banyak baris yang sama. Mejaku berada pada baris keempat dari
depan dan ketiga dari belakang. Ada 4 meja di sebelah kanan dan 1 meja di
sebelah kiri. Berapa banyak meja di kelasku?
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
19.
Gunakan keempat angka 1, 3, 6
dan 9 untuk membuat sebuah bilangan 4-angka sesuai petunjuk berikut:
§ Angka 3 bukan angka ribuan
§ Angka 9 terletak tepat di antara 1 dan 6
§ Angka 1 terletak tepat di antara 3 dan 9
Tentukan bilangan dimaksud.
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
20.
Every child chews 3 pieces of
candy in 6 minutes. How long does it take for 100 children to chew 100 pieces
of candy?
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
21.
Menjelang tutup, di toko kue
tersisa 2 buah kue coklat, 1 kue keju dan 3 kue kacang. Alvin akan membeli 3
buah kue, paling sedikit satu diantaranya adalah kue coklat. Tentukan banyaknya
cara Alvin memilih jenis ketiga kue tersebut.
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
22.
Dengan menggunakan sistem
pertandingan setengah kompetisi, setiap tim bertanding melawan tim lain
masing-masing satu kali. Ada 10 tim yang ikut pertandingan, sehingga tiap tim
bertanding 9 kali. Dalam suatu pertandingan tim yang menang akan mendapat nilai
3 dan tim yang kalah tidak mendapat nilai. Jika kedua tim bermain imbang
(seri), maka kedua tim masing-masing mendapat nilai 1. Sesudah semua
pertandingan dilangsungkan, semua peserta diurutkan berdasarkan nilai yang
mereka peroleh. Urutan pertama adalah tim yang mempunyai nilai paling besar dan
urutan kesepuluh adalah tim yang mempunyai nilai paling kecil. Jika urutan
pertama dan kedua mempunyai nilai sama, berapa nilai maksimum dari urutan
ketiga?
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
23.
Find the
sum of the measures of angles in the following
figure.
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
24.
Diketahui ABCD adalah sebuah persegipanjang dengan AB = 3 cm dan BC = 2 cm. Jika dan , tentukan luas daerah ABQP.
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
25.
How
many two-digit prime numbers remain prime when the order of its two-digits
reversed?
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
26.
Tentukan
sisa pembagian oleh 10.
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus
2004)
27.
Nomor polisi mobil-mobil di suatu negara selalu berupa
bilangan empat angka. Selain itu jumlah keempat angka pada setiap nomor juga
harus habis dibagi 5. Nomor polisi terbesar yang dibolehkan di negara itu
adalah .....
(Olimpiade Sains
Nasional IV 2005 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Jakarta, 6 September 2005)
28.
We have two natural number A and B. Their least common
multiple is 40 and their greatest common divisor is 2. What is the value of A
and B?
(Olimpiade Sains
Nasional IV 2005 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Jakarta, 6 September 2005)
29.
Disa memiliki dua ember,
masing-masing berukuran 7 liter dan 4 liter. Bagaimana cara Disa mendapatkan
tepat 6 liter air dari kolam dengan hanya menggunakan dua ember tersebut?
(Olimpiade Sains
Nasional IV 2005 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Jakarta, 6 September 2005)
30.
Babak final lomba lari 100 m
puteri diikuti oleh 4 pelari, yaitu Alia, Barbara, Carla dan Dian. Pemenang
pertama, kedua dan ketiga memperoleh berturut-turut medali emas, perak dan
perunggu. Anggaplah bahwa tidak ada yang masuk finish bersamaan. Kalau Alia selalu lebih cepat daripada Barbara,
banyaknya kemungkinan susunan pegang medali adalah ..... .
(Olimpiade Sains
Nasional IV 2005 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Jakarta, 6 September 2005)
31.
Bilangan 15 dapat dinyatakan
sebagai jumlah dua atau lebih bilangan asli berurutan dalam tiga cara, yaitu:
a.
Nyatakan bilangan 18 sebagai
jumlah dua atau lebih bilangan asli berurutan. Tuliskan dengan
sebanyak-banyaknya cara.
b.
Nyatakan bilangan 210 sebagai
jumlah dua atau lebih bilangan asli berurutan. Tuliskan dengan
sebanyak-banyaknya cara.
c.
Tentukan sebuah bilangan di
antara 10 dan 100 yang tidak dapat dituliskan sebagai jumlah dua atau lebih
bilangan asli berurutan.
(Olimpiade Sains
Nasional IV 2005 – Matematika Sekolah Dasar, Hari II – Jakarta, 7 September
2005)
32. Lola wrote three-digit whole numbers using only digit 1 and 2. One
number she wrote was 222. How many numbers at most could she write?
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Semarang, 6 September 2006)
33.
Seekor semut ingin pindah dari
sebuah titik sudut suatu kubus satuan ke titik sudut lainnya melalui
rusuk-rusuk kubus tersebut. Ia tidak ingin melalui satu pun titik sudut kubus
lebih dari sekali. Berapakah jarak terjauh yang dapat ditempuhnya?
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Semarang, 6 September 2006)
34.
Amir akan mendesain bendera
dengan 59 bintang merah pada dasar kuning. Ketentuan yang harus ia patuhi
adalah:
a.
Banyaknya bintang pada baris
bernomor ganjil (baris ke-1, ke-3 dan seterusnya) adalah sama.
b.
Banyaknya bintang pada baris
bernomor genap adalah sama.
c.
Banyaknya bintang pada setiap
baris bernomor ganjil adalah satu lebihnya atau satu kurangnya dari banyaknya
bintang pada baris bernomor genap.
d.
Banyaknya baris adalah tujuh.
Berapa banyak bintang pada baris keempat?
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Semarang, 6 September 2006)
35.
Jumlah semua angka bilangan
bulat dari 11 sampai dengan 15 adalah . Berapakah jumlah semua angka bilangan bulat dari 1 sampai
dengan 220 ?
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Semarang, 6 September 2006)
36.
Bilangan 3461 mempunyai sifat
jumlah dua angka pertama sama dengan jumlah dua angka terakhir. Berapa banyak
bilangan di antara 1000 sampai 2000 yang mempunyai sifat seperti itu?
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Semarang, 6 September 2006)
37.
Ada lima koin yang dimiliki
Joko yaitu A, B, C, D dan E. Ia juga memiliki sebuah kaleng berwarna merah dan
sebuah kaleng berwarna biru. Dengan berapa cara berbeda koin-koin itu dapat
dimasukkan ke dalam kedua kaleng, dengan syarat paling sedikit ada sebuah koin
di setiap kaleng?
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Semarang, 6 September 2006)
38.
Empat tim, yaitu A, B, C dan D
telah lolos sampai babak semifinal pada suatu turnamen sepakbola. Tiga pengamat
masing-masing membuat tiga prediksi tim yang akan memperoleh medali emas, perak
dan perunggu sebagai berikut:
a.
Pengamat 1 memprediksi medali
emas untuk A, perak untuk B dan perunggu untuk C.
b.
Pengamat 2 memprediksi medali
emas untuk B, perak untuk C dan perunggu untuk D.
c.
Pengamat 3 memprediksi medali
emas untuk C, perak untuk A dan perunggu untuk D.
Ternyata hanya ada satu prediksi dari masing-masing pengamat
yang tepat. Tentukan tim yang memperoleh emas, perak dan perunggu dalam
turnamen tersebut.
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Semarang, 6 September 2006)
39.
Dengan menggunakan tepat 8
kubus satuan dapat dibuat 3 buah balok berbeda, yaitu balok berukuran , dan .
a.
Tentukan banyaknya balok
berbeda ukuran yang dapat dibentuk dengan tepat menggunakan 12 buah kubus
satuan.
b.
Tentukan banyaknya balok
berbeda ukuran yang dapat dibentuk dengan tepat menggunakan 24 buah kubus
satuan.
c.
Tentukan banyaknya balok
berbeda ukuran yang dapat dibentuk dengan tepat menggunakan 96 buah kubus
satuan.
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika Sekolah Dasar, Hari II – Semarang, 7 September 2006)
40.
What
is the unit digit of ?
(ASEAN Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2003, First
Day – Jakarta, 19 Oktober 2003)
41.
Find
the digit after the
decimal point of the decimal equivalent of .
(ASEAN Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2003, First
Day – Jakarta, 19 Oktober 2003)
42.
Use all digits 2, 3, 4, 5, 7
and 8 exactly once to get two numbers P and Q. Both P and Q contain three
digits and that P – Q is positive. Find the smallest value of P – Q.
(ASEAN Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2003, First
Day – Jakarta, 19 Oktober 2003)
43.
Nasir draws 5 straight lines on a piece of paper. What is
the maximum number of intersection points can Nasir make?
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2004, First Day – Jakarta, 30
November 2004)
44.
Four different prime numbers
A, B, C, D satisfy expression . Find .
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2004, First Day – Jakarta, 30
November 2004)
45. In this figure below, find the area of the shaded region, in cm2.
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2004, First Day – Jakarta, 30
November 2004)
46.
Mr. White multiplies the first one hundred prime numbers.
How many consecutive zero digits can be found at the end of the resulting
number?
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2005, First Day – Jakarta,
15 November 2005)
47.
Andy multiplies the first fifty whole numbers . Counting from the right, what is the position of the first
non-zero digit? For example, in 205000, the position of the first non-zero
digit from the right is 4.
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2005, First Day – Jakarta,
15 November 2005)
48.
Barbara writes numbers consisting of four digits: 3, 5, 7
and 9 according to the following rules:
·
Digit 7 does not appear in the first nor the last
positions.
·
Digit 7 should be to the right of the digit 5 (For
example, digit 5 in the number 7395 appears to the right of digits 7, 3 and 9).
Find all
such possible numbers.
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2005, First Day – Jakarta,
15 November 2005)
49.
The display of a digital clock is of the form MM : DD :
HH : mm, that is, Month : Day : Hour : minute. The display ranges are
·
Month (MM) from 01 to 12
·
Day (DD) from 01 to 31
·
Hour (HH) from 00 to 23
·
Minute (mm) from 00 to 59
How many
times in the year 2005 does the display show a palindrome? (A palindrome is a
number which is read the same forward as backward. Examples, 12 : 31 : 13 : 21
and 01 : 02 : 20 : 10)
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2005, First Day – Jakarta,
15 November 2005)
50.
How many positive whole numbers less than 2005 can be
found, if the number is equal to the sum of two consecutive whole numbers and
also equal to the sum of three consecutive whole numbers ? (For example, )
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2005, First Day – Jakarta,
15 November 2005)
51.
The pages of a book are numbered using 840 digits,
starting from page 1. How many pages does the book have? (For example, page 37
uses two digits, namely digits 3 and 7. From page 1 to page 11, thirteen digits
are used)
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2005, First Day – Jakarta,
15 November 2005)
52.
Every whole number larger than 7 can always be expressed
as a sum of 3’s, 5’s or both. For example, , and . With the rule that 5 always comes before 3, how many ways
can we express 444 ?
(International Mathematics
and Science Olympiad for Primary School 2006, First Day – Jakarta, 14 November
2006)
53.
Consider all possible numbers between 100 and 2006 which
are formed by using only the digits 0, 1, 2, 3, 4 with no digit repeated. How
many of these are divisible by 6 ?
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2006, First Day – Jakarta,
14 November 2006)
54.
How many non-congruent triangles with perimeter 11 have
integer side lengths?
(International
Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2006, First Day – Jakarta,
14 November 2006)
55.
Given is a rectangle, , . What is the ratio between the unshaded area and the shaded
area?
(1st Thailand
Elementary Mathematics International Contest, Individual Test Problems, Nakhon
Pathom, 8 September 2003)
56.
Find all 2-digit numbers such that when the number is
divided by the sum of its digits the quotient is 4 with a remainder of 3.
(1st Thailand
Elementary Mathematics International Contest, Individual Test Problems, Nakhon
Pathom, 8 September 2003)
57.
How many trailing zeros are there in the product of ? (Example: 10200000
has 5 trailing zeros)
(1st Thailand
Elementary Mathematics International Contest, Team Test Problems, Nakhon Pathom,
8 September 2003)
58.
How many seven-digit numbers contain the digit “7” at
least once?
(1st Thailand
Elementary Mathematics International Contest, Team Test Problems, Nakhon Pathom,
8 September 2003)
59.
Three-digits numbers such as
986, 852 and 741 have digits in decreasing order. But 342, 551 and 622 are not
in decreasing order. Each number in the following sequence is composed of
three-digits:
100, 101, 102, 103, ..., 997, 998, 999
How many three-digits numbers in the given
sequence have digits in decreasing order ?
(2nd
India Elementary Mathematics
International Contest, Individual Test Problems, Lucknow, 10 September 2004)
Add caption |
60. In the following figure, the
black ball moves one position at a time clockwise. The white ball moves two
positions at a time counter-clockwise. In how many moves will they meet again?
(2nd
India Elementary Mathematics
International Contest, Individual Test Problems, Lucknow, 10 September 2004)
61. Compute .
(2nd India
Elementary Mathematics International Contest, Team Test Problems, Lucknow, 10 September
2004)
62. A
rectangle is 324 m in length and 141 m in width. Divide it into squares with
sides of 141 m and leave one rectangle with a side less than 141 m. Then divide
this new rectangle into smaller squares with sides of the new rectangle’s
width, leaving a smaller rectangle as before. Repeat until all the figures are
squares. What is the length of the side of the smallest square?
(2nd India
Elementary Mathematics International Contest, Team Test Problems, Lucknow, 10 September
2004)
63. Let where the last number
to be added consists of 2005 digits of 9. How many times will the digit 1
appear in n ?
(3rd
Philippines Elementary Mathematics
International Contest, Team Test Problems, Tagbilaran City – Bohol, 25 May 2005)
64.
Arrange the digits 1 – 9 in the circles in such a way
that:
§ 1
and 2 and all the digits between them add up to 9
§ 2
and 3 and all the digits between them add up to 19
§ 3
and 4 and all the digits between them add up to 45
§ 4
and 5 and all the digits between them add up to 18
Add caption |
(3rd
Philippines Elementary Mathematics
International Contest, Team Test Problems, Tagbilaran City – Bohol, 25 May 2005)
65.
In rectangle , and . Points P, Q, R
and S are all on
diagonal AC so that . What is the total area of the shaded region?
(4th Indonesia Elementary
Mathematics International Contest 2006, Individual Test Problems, Denpasar –
Bali, 29 May 2006)
66.
The following figure show a sequence of equilateral
triangles of 1 square unit. The unshaded triangle in Pattern 2 has its vertices
at the midpoint of each side of the larger triangle. If the pattern is
continued as indicated by Pattern 3, what is the total area of the shaded
triangles in Pattern 5, in square units?
(4th Indonesia Elementary
Mathematics International Contest 2006, Individual Test Problems, Denpasar –
Bali, 29 May 2006)
67. The number 22 has the following property: the sum of its
digits is equal to the product of its digits. Find the smallest 8-digit natural
number that satisfies the given condition.
(4th Indonesia Elementary
Mathematics International Contest 2006, Team Test Problems, Denpasar – Bali, 29
May 2006)
68. Four different
natural numbers, all larger than 3, are placed in the four boxes below. The
four numbers are arranged from the smallest to the largest. How many different
ways can we fill the four boxes?
(4th Indonesia Elementary
Mathematics International Contest 2006, Team Test Problems, Denpasar – Bali, 29
May 2006)
69. Dengan menggunakan angka-angka 1, 1, 2, 2, 3, 3, 4, 4,
berapakah bilangan bulat terbesar yang terdiri atas 8 angka yang dapat dibentuk
dengan syarat kedua angka 1 dipisahkan oleh satu angka yang lain, kedua angka 2
dipisahkan oleh dua angka, kedua angka 3 dipisahkan oleh tiga angka dan kedua
angka 4 dipisahkan oleh empat angka?
(Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP
2003, 23 Juni 2003)
70.
Pada suatu kubus ABCD.EFGH, ruas
garis AG adalah diagonal ruang dari kubus tersebut. Ada berapa
carakah perjalanan terpendek dari titik sudut G ke titik sudut A dengan
syarat perjalanan tersebut hanya melalui rusuk-rusuk kubus tanpa ada yang
dilalui lebih dari satu kali?
(Seleksi Tingkat Provinsi
Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2003, 7 Juli 2003)
71.
Bilangan segitiga adalah bilangan yang berbentuk dengan n adalah
bilangan asli. Banyaknya bilangan segitiga yang kurang dari 100 adalah.....
(Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota Olimpiade
Sains Nasional Matematika SMP 2004, 21 Juni 2004)
72.
Alex selalu berbohong pada hari-hari Kamis, Jumat dan
Sabtu. Pada hari-hari lain Alex selalu jujur. Di lain pihak, Frans selalu
berbohong pada hari-hari Minggu, Senin dan Selasa, dan selalu jujur pada
hari-hari lain. Pada suatu hari keduanya berkata,”Kemarin saya berbohong”. Hari
mereka mengucapkan perkataan tersebut adalah hari.....
(Seleksi Tingkat
Kabupaten/Kota Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2004, 21 Juni 2004)
73.
Misalkan . Dalam bentuk desimal, nilai dari N
adalah.....
(Seleksi Tingkat
Kabupaten/Kota Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2004, 21 Juni 2004)
74. Pada suatu
jam digital yang angka-angkanya tertera mulai dari 00:00 sampai dengan 23:59,
dimungkinkan terjadi penampakan bilangan Palindrome (bilangan yang dibaca dari
depan dan dari belakang sama nilainya, misalnya 12:21 dan 23:32). Dalam satu
hari satu malam, banyaknya bilangan Palindrome tersebut menampakkan diri
adalah.....
(Seleksi Tingkat Provinsi Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2004, 12
Juli 2004)
75.
(Seleksi Tingkat Provinsi
Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2004, 12 Juli 2004)
76. Ada berapa
banyakkah bilangan asli yang tidak lebih besar dari 2004 yang bersisa 1 ketika
dibagi 2, bersisa 2 ketika dibagi 3, bersisa 3 ketika dibagi 4 dan bersisa 4
ketika dibagi 5?
(Olimpiade Sains
Nasional III 2004 – Matematika SMP, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus 2004)
77. 10 pasang
suami istri mengikuti suatu pesta. Mereka kemudian saling berjabatan tangan
satu sama lain. Namun demikian, setiap pasang suami istri tidak pernah saling
berjabatan tangan. Maka banyaknya jabatan tangan yang terjadi adalah.....
(Seleksi Tingkat
Kabupaten/Kota Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2005, 20 Juni 2005)
78. Bilangan A adalah bilangan asli terkecil yang merupakan hasil kali
dari 3 bilangan prima pertama. Dua buah bilangan antara 200 dan 300 yang
memiliki faktor prima tepat sama dengan bilangan A tersebut adalah.....
(Catatan: 10 dan 30 punya faktor prima yang tidak tepat sama, sedangkan 12 dan
18 memiliki faktor prima yang tepat sama)
(Seleksi Tingkat Provinsi
Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2005, 20 Juli 2005)
79. Semua pasangan bilangan asli m dan n yang memenuhi
persamaan adalah.....
(Seleksi Tingkat Provinsi
Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2005, 20 Juli 2005)
80.
Bilangan asli n terbesar sehingga jumlah lebih kecil 2006
adalah.....
(Seleksi Tingkat
Kabupaten/Kota Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2006, 28 Juni 2006)
81.
Banyaknya faktor dari 4200 yang merupakan bilangan ganjil
positif adalah.....
(Seleksi Tingkat
Kabupaten/Kota Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP 2006, 28 Juni 2006)
82.
Diketahui . Tentukan nilai N.
(Olimpiade Sains
Nasional V 2006 – Matematika SMP, Hari I – Semarang, 6 September 2006)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar